Sekolah Gemala Ananda > Brain Based Learning

Brain Based Learning

Belajar menjadi efektif dan optimal bila dilakukan dengan cara yang sesuai dengan cara kerja otak. Karenanya metode pembelajaran di Sekolah Gemala Ananda didasarkan pada prinsip-prinsip cara kerja otak, sehingga belajar menjadi sebuah proses yang natural.

Sekolah Gemala Ananda :

  • menciptakan suasana yang memberikan rasa aman dan menyenangkan.
  • menciptakan situasi pembelajaran yang aktif dan bermakna bagi siswa (active learning).
  • menciptakan proses pembelajaran yang menantang dan membangun kemampuan berpikir siswa.

Ulangan a la Gemala Ananda

Pada akhir pemelajaran tematis “Rumahku Istanaku”, ananda mendapat Tugas Unjuk Pemahaman (TUP) membuat maket rumah dan lingkungan sehat. Ananda berperan sebagai arsitek yang merancang sebuah rumah dan lingkungan yang sehat dan menampilkannya dalam bentuk maket yang dibuat dengan menggunakan bahan-bahan sederhana bekas pakai.

Dalam tugas ini ananda mengaplikasikan berbagai konsep dan pengetahuan yang telah dipelajari untuk menghasilkan produk maket. Mereka kemudian mempresentasikan maket tersebut dan menjelaskan mengapa rancangan mereka itu memenuhi kriteria rumah dan lingkungan sehat. “Ulangan” dengan cara ini tidak membuat ananda (dan orang tuanya) stress. Dengan cara ini ananda bahkan dapat menunjukkan pemahamannya terhadap konsep yang dipelajari.


Sekilas Gemala

Sekolah merupakan mitra orang tua dalam mendampingi anak menemukan dan mengasah potensinya. Anak perlu dibimbing agar dapat menjadi yang terbaik yang mereka bisa dan kelak mampu berkontribusi positif bagi masyarakat.

“Setiap anak adalah individu yang unik, dengan potensi untuk berkembang"

  • Alur Pendaftaran Siswa Baru

    Oktober 2, 2021

    Berikut alur Pendaftaran Siswa Baru Gemala Ananda untuk tahun  ajaran 2022/2023. Unduh Berkas

  • Kabar Gemala

    Dikembangkan oleh EvolutionTeams