Pembelajaran Tematis dan Terintegrasi

Dalam belajar, otak manusia bekerja efektif ketika ia mengaitkan atau mengasosiasikan satu hal dengan hal lain, sehingga terbentuklah kerangka pemikiran yang integratif. Asosiasi dan keterkaitan tersebut sangat efektif dalam menumbuhkan pemahaman. Contohnya adalah tema ” Rumahku Istanaku” yang dipelajari oleh kelas I. Mereka belajar tentang rumah dan lingkungan dari berbagai aspek:

IPA
Mereka belajar tentang ciri dan karakteristik rumah dan lingkungan yang sehat serta membandingkannya dengan rumah dan lingkungan yang tidak sehat. Ananda belajar melalui berbagai kegiatan, misalnya percobaan apakah sampah dapat hancur, simulasi bagaimana banjir terjadi, kunjungan lapangan ke pemukiman yang sehat dan tidak sehat.

IPS
Ananda belajar tentang lingungan disekitar rumah dan sekolah, mengenali siapa saja tetangga sekitar, bagaimana hidup bertetangga. Ananda juga mulai belajar tentang mapping dan membuat denah sederhana.

Kewarganegaraan
Penting sekali ananda belajar bahwa setiap anggota keluarga bertanggung jawab atas kebersihan rumah dan lingkungannya. Mereka juga mempraktikkan cara-cara merawat kebersihan rumah dan lingkungan.

Matematika
Dalam sebuah bangunan rumah ternyata bertandung berbagai macam bangun ruang. Ananda menerapkan pengetahuannya mengenai bangun ruang dalam berbagai bangunan tradisional dan modern.

Bahasa Indonesia
Ananda melatih keterampilan berbicara ketika menyiapkan presentasi maket rumah dan lingkungan sehatnya.

Keterampilan hidup
Ananda belajar proses perencanaan yang sistematis. Setelah berdiskusi dengan seorang arsitek mengenai proses merancang sebuah rumah, ananda mulai merencanakan konsep rumah dan lingkungan sehatnya. Mereka kemudian mengidentifikasikan peralatan yang mereka perlukan, menetapkan langkah kerja, baru kemudian membuat maketnya.

Seni Rupa
Supaya maketnya indah dan menarik, ananda belajar mengenai komposisi, teknik menempel dan mewarnai dengan cat.


Copyright © Sekolah Gemala Ananda, dikembangkan dan dikelola oleh EvolutionTeams

.