Pembelajaran Kolaboratif

Pada zaman dahulu, terobosan-terobosan dalam bidang ilmu pengetahuan biasanya ditemukan oleh ilmuwan secara individual. Thomas Alva Edison menemukan lampu pijar. Alexander Graham Bell menemukan telepon. Marie Curie menemukan zat radioaktif. Alexander Flemming menemukan penisilin.

Pada zaman sekarang, penemuan-penemuan ilmiah dan teknologi jarang sekali merupakan hasil kerja satu orang saja. Meski pemikiran dininya ditelurkan oleh seorang ilmuwan pada tahun 1936, teknologi TV plasma yang berkembang saat ini merupakan hasil kerja sekelompok orang yang tergabung dalam tim kerja. Tim kerja ini bersifat multidispliner, dimana anggotanya berasal dari berbagai latar belakang bidang dan disiplin ilmu. Inilah karakteristik dari kehidupan pada zaman sekarang, dan kita semua dituntut untuk memiliki keterampilan bekerja sama yang efektif.

Ananda perlu belajar bekerja sama sejak kecil. Mereka perlu belajar mendengar dan memahami pendapat orang lain, mengkritisi pemikiran dirinya maupun pemikiran orang lain, berdiskusi dan bernegosiasi dalam mensinergikan ide, saling mendukung dan menguatkan dalam mengimplementasikan ide. Pembelajaran di SD Gemala Ananda dirancang untuk memaparkan ananda pada situasi kerja sama secara alamiah.


Copyright © Sekolah Gemala Ananda, dikembangkan dan dikelola oleh EvolutionTeams

.