Pembelajaran Inkuiri

Pada dasarnya pembelajaran inkuiri memanfaatkan sifat ingin tahu pada diri setiap anak. Ananda diberi atau membuat sebuah pertanyaan besar, dan mereka mencari sendiri jawabannya melalui berbagai kegiatan pembelajaran.

Ketika ananda kelas II belajar tentang tumbuhan dan hewan, pada awal unit pembelajaran mereka diberi pertanyaan inti: “Bila di dunia ini hanya ada satu jenis makhluk hidup selain manusia, makhluk hidup apa yang akan kamu pilih?” Biasanya ananda dengan bersemangat akan memberikan berbagai jawaban, dari mulai kura-kura (“.. karena aku punya piaraan kura-kura yang lucu”), sapi (“.. karena aku suka minum susu”), atau bahkan ular (“.. karena kemarin aku antar pamanku membeli empedu ular untuk obat”) Selama empat minggu mereka kemudian memelajari berbagai aspek tumbuhan dan hewan; ciri, lingkungan dan kebutuhan hidupnya, manfaat maupun kerugian yang ditimbulkan, dll. Semua yang dipelajari selalu dikaitkan dengan pertanyaan inti tadi, karena Tugas Unjuk Pemahaman mereka adalah memilih satu jenis makhluk hidup berdasarkan kriteria yang jelas, kemudian mempresentasikan pilihannya, lengkap dengan argumentasinya.

Yang menarik, setelah membuat Tugas Unjuk Pemahaman tersebut, akhirnya mereka menyadari adanya saling ketergantungan antarjenis makhluk hidup. Ketika mereka memilih satu jenis hewan, misalnya, mereka menyadari bahwa hewan perlu makanan, baik itu adalah tumbuhan maupun hewan lain. Pemahaman tersebut tidak datang dari penjelasan guru, tetapi mereka temukan sendiri dengan merangkai berbagai pemelajaran dan pemahaman yang didapatkan sebelumnya.


Copyright © Sekolah Gemala Ananda, dikembangkan dan dikelola oleh EvolutionTeams

.