Beranda > Metode > Brain Based Learning

Brain Based Learning

Belajar menjadi efektif dan optimal bila dilakukan dengan cara yang sesuai dengan cara kerja otak. Karenanya metode pembelajaran di Sekolah Gemala Ananda didasarkan pada prinsip-prinsip cara kerja otak, sehingga belajar menjadi sebuah proses yang natural.

Sekolah Gemala Ananda :

  • menciptakan suasana yang memberikan rasa aman dan menyenangkan.\
  • menciptakan situasi pembelajaran yang aktif dan bermakna bagi siswa (active learning).
  • menciptakan proses pembelajaran yang menantang dan membangun kemampuan berpikir siswa.

  • Kontekstual
  • Konstruktivis
  • Inkuiri
  • Kolaboratif
  • Tematis Dan Terintegrasi

Salah satu prinsip kerja otak manusia adalah kita belajar dengan lebih efektif bila hal yang dipelajari bermakna. Karenanya pembelajaran di SD Gemala Ananda bersifat kontekstual dan berangkat dari hal-hal yang dekat dengan kehidupan ananda.

Selengkapnya

Otak bekerja dengan cara mengaitkan hal baru dengan hal sudah diketahui sebelumnya. Karenanya ananda perlu membangun pemahaman melalui pengalaman-pengalaman konkrit, dan mengaitkan hal-hal yang telah dipelajarinya hingga mereka menemukan sendiri konsep yang dipelajari. Inilah yang disebut sebagai pembelajaran yang konstruktivis; ananda belajar dengan menemukan sendiri dan bukan karena diberi tahu atau diceramahi oleh guru.

Selengkapnya

Pada dasarnya pembelajaran inkuiri memanfaatkan sifat ingin tahu pada diri setiap anak. Ananda diberi atau membuat sebuah pertanyaan besar, dan mereka mencari sendiri jawabannya melalui eksplorasi dan berbagai pembelajaran.

Selengkapnya

Ananda perlu belajar bekerja sama sejak kecil. Mereka perlu belajar mendengar dan memahami pendapat orang lain, mengkritisi pemikiran dirinya maupun pemikiran orang lain, berdiskusi dan bernegosiasi dalam mensinergikan ide, saling mendukung dan menguatkan dalam mengimplementasikan sebuah ide. Pembelajaran di SD Gemala Ananda dirancang untuk memaparkan ananda pada situasi kerja sama secara alamiah.

Selengkapnya

Dalam belajar, otak manusia bekerja efektif ketika ia mengaitkan atau mengasosiasikan satu hal dengan hal lain, sehingga terbentuklah kerangka pemikiran yang integratif. Asosiasi dan keterkaitan tersebut sangat efektif dalam menumbuhkan pemahaman. Di SD Gemala Ananda, pembelajaran diorganisasikan dalam tema-tema yang mengintegrasikan beberapa mata pelajaran.

Selengkapnya


Copyright © Sekolah Gemala Ananda, dikembangkan dan dikelola oleh EvolutionTeams