Unjuk pemahaman tentang habitat

13 September 2009

Dipenghujung pembelajaran tentang habitat, ananda kelas 3 mendapat tugas unjuk pemahaman membuat kandang hewan yang sesuai dengan habitat alamiahnya. Mereka berperan sebagai perancang kandang binatang yang bekerja untuk Taman Safari. Ceritanya, karena taman Safari akan menambah koleksi binatangnya, ananda diminta merancang kandang satu jenis hewan. Kandang tsb. perlu sesuai dengan habitat aslinya.

Selama 6 minggu ananda belajar berbagai hal tentang habitat dan bioma: jenis-jenis habitat yang ada di dunia, komponen-komponen yang ada dalam sebuah habitat sehingga hewan yang tinggal di dalamnya dapat bertahan hidup, ciri-ciri hewan dan bagaimana mereka beradaptasi dengan habitatnya, dll. Ananda juga melakukan kunjungan lapangan ke Pusat primata Schmutzer untuk mempelajari kandang beberapa hewan primata dibandingkan dengan habitat aslinya.

Tugas unjuk pemahaman dilakukan berpasangan. Dua siswa bekerja sama, dari mulai berdiskusi dan memutuskan jenis hewan apa yang mereka pilih, melakukan studi pustaka, merencanakan kandang, membuatnya dari bahan-bahan bekas pakai, menyiapkan display dan presentasi.

Copyright © Sekolah Gemala Ananda, dikembangkan dan dikelola oleh EvolutionTeams

.