17-an di Sekolah

16 August 2012

Membangun makna mengenai kemerdekaan pada anak-anak bukanlah hal yang mudah dan dapat terjadi dalam sekejap. Mengapa demikian? Karena mereka sendiri baru memiliki beberapa tahun dalam sejarah hidupnya, jadi bayangkan saja bagaimana bila mereka diharapkan dapat memaknai sesuatu yang terjadi jauh sebelum masa mereka. Sangat abstrak, sukar dibayangkan. Karenanya hal tsb. perlu dikenalkan dan ditumbuhkan secara kontinu, dalam bentuk konkrit yang bisa mereka ‘rasakan’ dan sesuai dengan konteks kehidupan mereka.

Perayaan proklamasi di Gemala Ananda pada tahun-tahun lalu membantu ananda punya bayangan mengenai seperti apa kehidupan pada masa penjajahan dan membandingkannya dengan kehidupan mereka sekarang, serta mensyukuri apa yang mereka alami dan miliki sekarang. Pada tahun ini ananda diajak untuk mengenal pentingnya kerja sama sebagai sebuah komunitas (bangsa) dalam mengisi kemerdekaan.

Kegiatannya sederhana, menghias ambang pintu kelas dengan “gapura-gapuraan”. Mereka melakukannya secara berkelompok yang terdiri dari ananda kelas II-VI. Sebelum hari-H mereka berkumpul, berdiskusi akan membuat apa, merancang dan berbagi tugas membawa bahan-bahan yang diperlukan. Pada hari-H mereka mengeksekusi rencana dan mewujudkan kerja sama mereka secara lebih konkrit.

Persatuan bukan sekedar jargon, perlu dipraktikkan, dirasakan dan dinikmati. Tujuan bersama yang disepakati adalah dasar dari persatuan, kerja sama yang sinergis merupakan perekat. Dalam bentuk dan bahasa yang sangat sederhana, itulah yang menjadi fokus pengalaman belajar ananda dalam kegiatan 17-an di sekolah tahun ini.

Copyright © Sekolah Gemala Ananda, dikembangkan dan dikelola oleh EvolutionTeams

.